Penyebab & Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Bukan rahasia lagi jika memiliki kulit wajah berminyak sering membuat kita stress dan kadang mengurangi kepercayaan diri kita. Namun, ada setiap solusi atas semua permasalahan yang kita hadapi begitupun dengan kulit berminyak. Dengan perawatan kulit yang tepat anda bisa berdamai dengan wajah berminyak anda.

Di artikel ini kami akan membahas tentang penyebab dan beberapa tips untuk mengatasi kulit wajah berminyak agar anda bisa tetap tampil cantik dan percaya diri.

Baca juga : Produk Sariayu Untuk Kulit Berminyak,

Memahami Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

Ketika kelenjar sebaceous Anda terlalu aktif, mereka menghasilkan sebum berlebih, sekresi berminyak, yang pada gilirannya menciptakan tampilan mengkilap dan berminyak ke kulit Anda. Sebum berlebih dapat menyebabkan komedo, jerawat, whiteheads, pori-pori membesar dan banyak masalah kulit yang tidak diinginkan lainnya. Selain itu, diet dan polusi dapat semakin mempersulit kulit Anda dengan memproduksi komedo atau benjolan kulit kecil.

Berita besar adalah semua tidak hilang dan ada cara yang sangat mudah dikelola untuk mendapatkan wajah berminyak Anda di bawah kontrol dan menghilangkan kurus, tampilan berminyak. Dengan beberapa perubahan rutin perawatan kulit, konsistensi dalam menggunakannya Anda dapat dengan mudah mendapatkan kulit berminyak Anda di bawah kontrol dan benar-benar belajar untuk mencintai kondisi kulit Anda dilahirkan dengan.

Ya, kami mengatakan untuk mencintai kondisi wajah berminyak Anda! Jika Anda tidak tahu, kulit berminyak jauh lebih rentan terhadap keriput daripada jenis kulit lainnya. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa minyak alami kulit Anda menghasilkan perangkap dalam kelembaban dalam epidermis, bagian terluar dari kulit Anda.

Dengan itu dikatakan, mari kita turun ke bisnis dan mengontrol kulit Anda.

#1 Bersihkan Kulit Anda

Langkah pertama dalam mengatasi kulit berminyak adalah menjaga kulit Anda tetap bersih adalah cara nomor satu untuk menjaga kelebihan minyak di cek. Kebanyakan dokter kulit merekomendasikan individu dengan kadar minyak berlebih untuk mencuci wajah mereka setidaknya dua kali sehari. Ini akan menghilangkan akumulasi kotoran dan minyak yang telah membangun dan menjaga pori-pori Anda bersih dan menghentikan jerawat sebelum dimulai.

Ada banyak pembersih di pasar dan tidak semua cocok untuk kulit berminyak. Pertama, Anda akan ingin memastikan pembersih yang Anda pilih bebas minyak dan pembersih berbusa. Selanjutnya, Anda akan ingin memastikan pembersih Anda memiliki kemampuan untuk membersihkan kulit Anda secara mendalam tetapi tidak keras pada kulit Anda. Anda ingin membersihkan kulit Anda tidak strip itu dari semua minyak.

Pembersihan mendalam yang direkomendasikan, pembersih seimbang pH adalah Skindulgence Cleanser. Hal ini cukup lembut untuk menggunakan beberapa kali sehari, namun cukup kuat dan cukup menyeluruh untuk membersihkan pori-pori Anda.

Baca juga : Produk Ponds Untuk Kulit Berminyak

#2 Eksfoliasi Kulit Anda

Bahkan dengan membersihkan wajah Anda dua kali sehari, Anda akan ingin pengelupasan kulit Anda setidaknya sekali, jika tidak dua kali per minggu. Ada banyak manfaat untuk pengelupasan kulit Anda, tetapi manfaat utamanya adalah membersihkan kulit Anda. Kelebihan sebum yang dihasilkan menyebabkan sel-sel kulit mati pada permukaan kulit Anda mengakibatkan jerawat dan break-out, ditambah dapat meninggalkan kulit Anda tampak kusam bahkan ketika bersih. Dalam pengalaman kami, pengelupasan kulit adalah satu langkah yang selalu diabaikan dalam mengatasi kulit berminyak.

Pengelupasan kulit Anda menghilangkan sel-sel kulit mati, mempromosikan kulit yang sehat dan meninggalkan kulit Anda tampak muda dan bersemangat. Pengelupasan kulit dapat dilakukan dengan scrub atau menggunakan produk seperti Skindulgence Firming Facial System. Melalui masker pengerasan, produk mengelupas kulit Anda sambil memberikan latihan. Hasilnya setelah hanya 30 menit lebih ketat dan kulit toner, yang terlihat dan terasa segar dan bersih.

#3 Masker Wajah Mingguan

Meskipun kulit Anda tidak menghasilkan sebum berlebih, masih membutuhkan vitamin dan mineral untuk mempertahankan menjadi sehat dan mencari yang terbaik. Rutinitas yang hebat untuk masuk ke dalam adalah memberikan diri Anda wajah mingguan. Setelah membersihkan kulit Anda baik dengan pembersih dan pengelupasan kulit, memiliki wajah untuk mengisi apa kulit Anda mungkin telah kehilangan selama seminggu.

Kami merekomendasikan Skindulgence BioCell Mask untuk langkah ini karena mengandung teknologi selulosa yang memberikan kulit Anda apa yang dibutuhkan untuk tetap sehat dan bersemangat. Selain itu, ia bekerja sangat baik dengan Skindulgence Facelift karena kulit siap dan siap untuk menerima nutrisi dari BioCell Mask.

#4 Penggunaan Toner Bebas Alkohol

Langkah sederhana ini adalah cara yang bagus untuk mengontrol kelebihan minyak dan membuang kotoran dari kulit Anda. Ada banyak jenis toner yang dapat Anda gunakan setiap hari. Perawatan kulit dengan air mawar bertindak sebagai toner yang sangat baik, seperti halnya kebanyakan merek toko obat bebas alkohol.

#5 Melembabkan Secara Teratur

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya kulit Anda membutuhkan nutrisi, mineral dan hidrasi untuk tetap sehat. Pengupasan kulit kelembaban hanya akan lebih mendorong kelenjar sebaceous untuk menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbangi. Gunakan pelembab bebas minyak, non-comedogenic, berbasis air.

#6 Selalu Gunakan Tabir Surya

Masalah dengan kulit berminyak adalah selalu ada rasa takut terlihat berminyak, dan telah menakut-nakuti banyak orang dari secara konsisten menggunakan tabir surya. Ketakutan ini, bagaimanapun, menciptakan efek yang jauh lebih buruk dalam jangka panjang daripada terlihat berminyak. Hasil akhirnya adalah bintik-bintik coklat, alias bintik matahari, pigmentasi dan bintik-bintik yang dihasilkan dari paparan sinar matahari.

Alih-alih melewatkan tabir surya, pilih salah satu yang tepat untuk jenis kulit Anda. Tabir surya berbasis gel adalah yang paling cocok untuk kulit dengan kadar minyak berlebih. Mereka tidak akan meninggalkan wajah Anda tampak berminyak dan mereka akan memberi Anda perlindungan matahari yang diperlukan.

Baca juga: Produk Pigeon Untuk Kulit Berminyak

Penyebab Kulit Wajah Berminyak

Meskipun kulit Anda mungkin menua lebih lambat daripada jenis lain, itu sedikit menghibur ketika Anda berurusan dengan jerawat, pori-pori besar dan bersinar.

Cari tahu apa yang menyebabkan kulit wajah berminyak Anda dan pelajari beberapa tips dasar cara memerangi kelebihan minyak.

Apa itu Kulit Berminyak

Beberapa orang berpikir mereka memiliki kulit berminyak, ketika mereka benar-benar memiliki kulit kombinasi-berminyak hanya di beberapa daerah seperti dahi, T-zone, dagu dan hidung.

Bagaimana Anda tahu Anda memiliki kulit yang benar-benar berminyak? Periksa apakah Anda mengalami gejala dan karakteristik jenis kulit:

• Permukaan mengkilap atau berminyak (di mana-mana)
• Pori-pori membesar
• Kadang-kadang atau sering munculnya jerawat

Cara mudah untuk menguji kulit Anda untuk melihat apakah berminyak adalah dengan menggunakan pembersih lembut di pagi hari, tepuk kering kulit Anda dan mempertahankan bentuk menerapkan makeup atau produk lainnya. Tunggu beberapa jam dan lihat di cermin – jika wajah Anda mengkilap, maka Anda memiliki kulit berminyak.

Jika dagu atau pipi Anda kering tetapi T-zone Anda, dahi dan / atau hidung mengkilap, Anda memiliki kulit kombinasi.

Apa Penyebabnya?

Kulit berminyak adalah hasil produksi sebum berlebih, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor.

Biasanya dipengaruhi oleh genetika. Ini berarti bahwa jika salah satu atau kedua orang tua Anda memiliki kulit berminyak, Anda mungkin memilikinya juga.

Anda juga dapat mengubah kulit Anda menjadi berminyak jika Anda menggunakan produk perawatan kulit yang salah.

Beberapa orang memperlakukan kulit kombinasi seperti kulit berminyak, dan mereka mungkin menggunakan krim terlalu berat, misalnya.

Penyebab lain adalah berlebihan rutinitas perawatan kulit Anda.

Mencuci atau mengelupas wajah Anda terlalu sering atau terlalu keras akan menghilangkan terlalu banyak minyak dari kulit Anda.

Kelenjar sebaceous Anda akan melihat ini sebagai panggilan darurat dan akan mulai bekerja lebih keras, sehingga mereka dapat menghasilkan minyak yang cukup untuk menebus kerugian dan mengembalikan keseimbangan.

Jika Anda Memiliki Kulit wajah Berminyak Anda Mungkin Juga Mengalami Ini:

• Jerawat – Ketika kulit Anda menghasilkan terlalu banyak minyak, ia mulai membangun dan menyumbat pori-pori.

Dan ‘terima kasih’ untuk menumpahkan sel-sel kulit mati dan bakteri jerawat, minyak mengeras dan jerawat terjadi.

• Makeup tidak tinggal di tempat – Apakah Anda akrab dengan skenario ini: Anda pergi untuk pesta atau makan malam keluar, makeup Anda sempurna diatur di tempat dan tetap, Anda terlihat menakjubkan …

Anda tiba di tempat dan pergi ke toilet, hanya untuk melihat bahwa riasan Anda sudah berjalan di wajah Anda.. Menjengkelkan, aku tahu.

• Tampilan mengkilap dan berminyak – Jika kita memiliki rambut keriting, kita menghabiskan berjam-jam meluruskannya. Jika kita memiliki rambut lurus, kita berharap itu memiliki lebih banyak volume dan ikal.

Tampaknya sama dengan kulit – orang-orang dari kita dengan patch kering berharap untuk lebih banyak cahaya dan hidrasi, sementara orang-orang yang digunakan dengan berminyak ingin beberapa tikar …

 

Apa Yang Menyebabkan Kulit Wajah Berminyak ?

Kulit berminyak ditandai dengan kulit yang tampak mengkilap dan memiliki kadar minyak berlebih.

Jika keadaan ini berlangsung selama bertahun-tahun, pori-pori pada kulit mungkin tertutup oleh minyak berlebih. Dan itu dapat memanifestasikan dirinya dalam bentuk jerawat.
Jika ini terdengar seperti sesuatu yang mungkin Anda alami, dan berjuang melawan, maka selamat datang.
Hari ini saya ingin membuat Anda memahami apa yang menyebabkan kulit wajah berminyak. Sehingga setelah Anda memahami apa PENYEBABnya, Anda bisa mengatur masalah dengan benar.

1. Genetika

Genetika adalah salah satu penyebab utama kulit berminyak. Kehadiran kelenjar sebaceous besar adalah atribut turun-temurun dan diturunkan melalui gen.
Menurut Journal of Dermatological Science, ukuran pori dan tingkat output sebum bervariasi di berbagai kelompok etnis.
Sementara orang Asia memiliki ukuran pori yang lebih kecil dan kepadatan yang lebih rendah, kulit Afrika Amerika ditandai dengan ukuran pori-pori besar yang mengarah ke produksi lebih banyak sebum. Semua ini, ada hubungannya dengan gen.

2. Usia

Orang-orang berusia 30-an tidak memiliki jenis kulit yang sama seperti yang mereka miliki ketika mereka masih remaja. Dan orang-orang paruh baya berusia 50-an atau 60-an memiliki kandungan minyak yang berbeda secara signifikan juga, dibandingkan dengan hari-hari muda mereka.
Hal ini karena kulit kita menghasilkan lebih sedikit sebum seiring bertambahnya usia. Penuaan kulit mulai kehilangan protein, seperti kolagen. Dan kelenjar sebaceous kita melambat seiring bertambahnya usia.
Pernah memperhatikan bahwa orang yang memiliki kulit penuaan juga memiliki kulit kering? Itu karena kurangnya kolagen dan sebum.
Penuaan kulit juga memiliki garis-garis halus dan kerutan karena alasan yang sama. Itu sebabnya Anda harus menilai kembali jenis kulit anda dan rutinitas perawatan kulit saat anda tumbuh dewasa.

 

3. Lingkungan

Cuaca panas dan lembab merangsang sekresi sebum, yang mengarah ke produksi lebih banyak minyak pada kulit. Sebaliknya, kulit mengering di iklim kering atau dingin.

4. Obat

Penggunaan kontrasepsi oral dan obat penggantian hormon dapat menyebabkan kulit berminyak. Banyak obat-obatan yang dikenal memiliki dehidrasi sebagai salah satu efek samping.
Hal ini membuat kelenjar Anda menghasilkan minyak berlebih, untuk melawan dehidrasi.

5. Diet

Kita semua menyadari banyak manfaat dari makan yang benar. Tahukah anda bahwa konsumsi makanan glikemik tinggi adalah salah satu penyebab kulit berminyak potensial.
Berikut adalah diet kulit berminyak terbaik untuk mengikuti untuk kulit bebas minyak.
Makanan glikemik adalah makanan yang mengandung gula, dan sejumlah besar karbohidrat olahan.
Jadi, berhati-hatilah. Makan ini terlalu sering dapat menyebabkan produksi sebum berlebih, dan dengan demikian, penampilan berminyak pada kulit Anda.

6. Perubahan Hormon

Hormon dan kulit berminyak terkait erat. Bahkan, Androgen (hormon laki-laki) adalah hormon yang menyebabkan kulit wajah berminyak.
Produksi androgen dalam tubuh manusia berfluktuasi pada waktu yang berbeda, sebagian besar selama pubertas, tepat sebelum menstruasi, selama kehamilan, dan selama menopause.

7. Penggunaan Kosmetik

Sementara makeup adalah alat yang hebat untuk menutupi jerawat, minyak, dan jerawat, memilih produk YANG SALAH dapat membuat kulit Anda lebih berminyak daripada yang sebenarnya.
Misalnya, jika Anda memiliki kulit wajah berminyak, dan jika Anda memilih produk yang dimaksudkan untuk kulit kering, Anda akan berakhir memperburuk kondisi Anda daripada membuatnya lebih baik. Dan sebaliknya.
Selain ‘pilihan yang salah’ kosmetik, ‘kosmetik berkualitas buruk’ juga dapat menyebabkan kerusakan abadi pada kulit dan menyebabkan kulit berminyak.
Itulah sebabnya, penting untuk membuat pilihan YANG BENAR ketika datang untuk memilih produk yang Anda putuskan untuk diletakkan di wajah Anda.
Saat memilih produk untuk kulit wajag berminyak, pilih label seperti “bebas minyak dan non-comedogenic”.
Saat melepas makeup, pilih toner berkualitas baik untuk menghilangkan residu dari penggunaan kosmetik.
Jangan lupa untuk menerapkan tabir surya yang baik sebelum melangkah keluar dari rumah.

8. Lebih dari Mencuci

Hanya karena wajah Anda terlihat mengkilap, Anda akhirnya mencuci wajah Anda berulang-ulang.
Menggosok wajah Anda terlalu keras dapat strip kulit Anda dari kelembaban yang sangat dibutuhkan, dan dapat menyebabkan kelenjar sebaceous untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Anda harus menggunakan pembersih wajah yang lembut saat mencuci wajah Anda.

9. Melewatkan Pelembab

Jika Anda memiliki wajah berminyak, Anda tidak akan ingin slather pelembab pada wajah Anda. Tapi, itu adalah kesalahan. Ini adalah mitos bahwa pelembab buruk untuk kulit jenis berminyak.
Bahkan, ada banyak manfaat menggunakan pelembab untuk wajah berminyak atau berjerembap. Pelembab sangat penting jika Anda menggunakan perawatan jerawat pengeringan seperti – Retinoid – seperti Retin-A dan isotretinoin, atau agen antibakteri benzoil peroksida.
Lihat posting lain di blog ini untuk mengetahui bagaimana pelembab bukanlah hal yang buruk untuk kulit jenis berminyak. Jadi, pilih pelembab yang tepat. Banyak produk pelembab diciptakan terutama untuk kulit jenis berminyak. Mereka ringan, cepat menyerap, dan tidak meninggalkan kulit Anda merasa terlalu berminyak.

10. Kurang Tidur

Tidak cukup tidur di malam hari? Jika Anda tidak mendapatkan cukup tidur, Anda merampas kulit nutrisi – pengisian yang didapat dengan beristirahat.
Kurang tidur mempengaruhi tingkat kelembaban di kulit Anda dan menurunkan kadar pH tubuh Anda. PH rendah menciptakan kemerahan yang tidak perlu, meninggalkan kulit tidak merata dan memicu jerawat.
Inilah sebabnya, jika Anda tidak mendapatkan cukup tidur, kulit Anda terlihat kurang muda dan kurang mengkilap.

11. Stres

Kulit kita menghasilkan minyak berlebih di saat stres. Stres dan ketegangan adalah salah satu penyebab kulit berminyak pada wajah.
Pernah memperhatikan bahwa Anda keluar lebih banyak ketika Anda stres? Hal ini karena tubuh kita menghasilkan lebih banyak hormon seperti kortisol, yang memberitahu kelenjar untuk membuat lebih banyak minyak.